GEDUNG ISLAMIC CENTER DI LHOK SEUMAWE

islamic-center-lhokseumawe.jpg

Bangunan ini terletak di jantung kota Lhok Seumawe di Aceh Utara NAD dilokasi yang dahulunya merupakan stadion kota (yang telah dipindahkan).

View yang luas dari lapangan Hiraq dan kantor DPRD serta merupakan “Point of Interest” yang terlihat jelas bila anda menggunakan mobil dari jalan raya Medan–Banda Aceh ketika memasuki Lhok Seumawe. 

Dilihat dari bentuk kubahnya, bangunan ini terlihat memakai arsitektur Timur Tengah/ Iran dengan menempatkan 4 gapura di 4 sisinya.

Tingginya elevasi lantai bangunan dibandingkan elevasi jalan raya serta tingginya struktur bangunan mempunyai manfaat ganda yaitu selain antisipasi banjir akibat pasang air laut juga memberikan efek psikologi kepada jamaahnya yaitu betapa kecilnya manusia dibanding sang penciptanya serta tempat itu dapat dijadikan escape zone dari kemungkinan terjadinya musibah alam.

Mungkin karena terbatasnya anggaran biaya, maka baru struktur bangunan dan beberapa finishing kubah yang telah dirampungkan sedang pekerjaan arsitektur dan interior serta eksterior gedung ini sama sekali belum dijamah.

Disarankan sambil mencari pendanaan sebaiknya bagian – bagian yang kritis terkena pengaruh karat udara laut agar diselesaikan sehingga kualitas bangunan tetap terjaga dengan baik.

Jika memungkinkan tidak ada salahnya untuk memasang lantai bangunan serta mengatur ulang sistim dan rute penyelesaian bangunan sehingga Gedung Islamic Center ini dapat dimanfaatkan. Hal ini juga akan lebih memotivasi Panitia Gedung untuk berupaya maksimal menyelesaikannya serta pada saat bangunan sudah selesai, operasional Islamic Center sudah berjalan dengan baik.

Penanaman pohon pelindung juga dapat mulai dilaksanakan agar pada saat bangunan diselesaikan, pohon pohon sudah hidup subur dan bangunan akan terasa sejuk dan teduh karena hijaunya pepohonan.

~ oleh iskandar mt pada Maret 7, 2008.

18 Tanggapan to “GEDUNG ISLAMIC CENTER DI LHOK SEUMAWE”

  1. Kapan Sich Nih Proyek Selesai, Koq kayak’a g’ pernah selesai!!!

  2. Saya juga gregetan tentang proyek yang terbengkalai ini. Usulan yang saya tulis diatas adalah agar gedung dapat dipakai dan tidak mubazir. Perlu kira-kira diberlakukan “berobat jalan” begitu maksudnya.
    Terima kasih atas responsenya.

  3. Gedung yang indah…dengan hasil aceh utara yang melimpah aja ini gedung gak selesai…kebanyakan masuk kantong pejabat ya begini…gimana kalau aceh utara miskin, seperti daerah lain…?

  4. Biasanya tukar pejabat, tukar prioritas pembangunan wilayah.
    Ada baiknya Pengambil kebijakan di NAD melakukan evaluasi budget lagi, berapa besar anggaran yang dapat dipergunakan untuk penyelesaian bertahap Islamic Centre ( mengingat banyaknya pos pos biaya yang perlu direalisir).

  5. Mgkn jika Tarmizi A. Karim msh menjabat jd Bupati Aceh Utara mgkn ni gedung sudah selesai dr jauh2 hari. Apa salahnya minta bantuan BRR tuk selesaikan proyek ini, lgpl BRR msh punya dana yg melimpah bkn!!?

  6. Bagus bang … tambah kan lagi foto2 nya bang … biar kita yang diluar aceh tau … trims

  7. sayang ya dah terlantar kekgitu padahal gak lama lagi kok dah ciap,mungkin karena bapak tarmizi a.karim jatuh dari pencalonan,coba klo ada bapak pastikan gak bakal jadi kek gini.sory ya bapak bupati sekarang gak becus cara kerjanya,cuma mikir masalah petanian aja,soal dunia luar gak bisa,,,mungkin gak lama lagi kok bapak akan segera turun.ceek BPD aja bisa dipalsukan palagi yang lain,,,itu tandanya gak becus cara kerjanya

  8. Ya, saya setuju dgn pendapat Anda.
    Semoga Rumah Ibadah qta ini lbh diperhatikan n cepat terealisasi demi kepentingan umat Muslim di Aceh.Amin…

  9. aslkum,,
    pak is apa menurut bapak pembangunan dilanjutkan,,
    sayang lo pak gak dilanjutkan, al’a rugi besar rakyat ini, jika mang gak mu gak sah ja dr dulu2

  10. lima tahun saya tinggalkan aceh ,,, tapi masjid ini blom selesai juga ,,,,!!! kmana ja sih pejabat pemerintahan kota lhokseumawe,,,???

    • pemimpin atau pejabat sekarang sibok dengan kariernya masing,,,,,,
      sedangkan rakyat gak di open,,,,,,,
      jangan sampe pamuda aceh utara bergerak,,,,,,,
      karna pemuda itu lebih dari orang GAM,
      jangan hanya mereka yang lihat,,
      ya gak bang,,,,,,,,,

  11. Kalaw bangunan a blm siap pemkap mundur aja,smak aja ni,

  12. Ass,knp bangunan a blm siap?Tp kan ada pemerintah kalaw pemerintah ngk becus lebih baik mundur aja..

    • benar itu bang,,,,,,,,
      malu kita2 jha selaku nak aceh utara,,,,,,
      masak itu dah beberpa tahun gak siap2.
      mana pemimpinnya,,,,,,
      sosiallah dikit pemimpinnya,,,,,,,,

  13. mari kita bekerjasama untuk mewujudkan mimpi kita untuk membangun rumah Allah…

  14. Mudah mudahan masjid ne bs di bngun lg ea . . .biar kta bangga sebagai umat muslim

  15. tolong dong jenis-jenis ruangan yang ada

  16. saya nak aceh utara,,,,,,,,,
    tolong isi WEB ini di perbaharui setiap 2 kali sehari,,,,,,,,,
    atau di apdet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: