Keseimbangan Hidup

 5

Agama kita mengajarkan dalam melakukan segala sesuatu jangan berlebihan atau yang sedang-sedang saja agar keseimbangan hidup dapat terjaga. 

Sebagai masukan berikut 6 keseimbangan waktu yang perlu kita jaga dalam hidup dan kehidupan ini.  

  • KARIR. Pekerjaan dan jabatan merupakan karir yang memang paling banyak menyita waktu sehari hari kita. Keasyikan bekerja, workaholik, mengejar deadline atau perfeksionis dalam bekerja umumnya mengambil waktu/ lembur yang berlebihan sehingga bisa mengakibatkan un-balance dalam kehidupan. Pada masa pensiun penyakit post power sindrome akan menerpa kita. Jadi, pergunakan waktu untuk karir secara tidak berlebihan. 
  • IBADAH. Porsi waktu rutin untuk beribadah yang berkualitas, membaca al- Quran dll perlu diberikan cukup agar rohani kita sehat dan hati kita menjadi sehat. Kita tentu ingin masuk sorga bukan?. 
  • KESEHATAN. Berilah waktu yang cukup bagi kesehatan tubuh kita seperti tidur yang cukup, pemeriksaan kesehatan berkala, ada waktu untuk olahraga maupun kegiatan yang meningkatkan kesehatan jasmani. Lembur yang berlebihan, lingkungan yang tidak sehat, mengabaikan safety, merokok atau minum alkohol akan merusak kesehatan kita. Tubuh kita akan menuntut kita di Yaumil Mashar kelak bila kita zholimi waktu di dunia. 
  • KELUARGA. Berilah waktu yang efektip untuk keluarga karena keluarga yang sakinah adalah impian kita. Harus disediakan waktu yang cukup untuk komunikasi dari hati ke hati, mendidik anak, sholat bejamaah, makan bersama dan rekreasi sekeluarga sesekali. Keluarga yang sakinah akan menghasilkan putra putri yang sehat, cerdas dan ber akhlak mulia. Kasus broken home akan jauh dari mereka. Bagi anak, jangan pernah lupa menyediakan waktunya untuk orang tua, karena ridho orang tua merupakan ridho Allah SWT. 
  • SOSIAL. Manusia pada fitrahnya adalah mahluk sosial yang perlu bersilaturahmi ke orang tua & keluarga, ikut pengajian Masjid, bergaul di lingkungan kerja maupun masyarakat luas, Harus ada porsi waktu untuk ini. Kekurangan pergaulan membuat kita menjadi sempit cara berfikir dan jauh dari rezeki dan pahala. Jangan pernah menjadi parasit di lingkungan kita, jadilah umat yang berguna sekurang-kurangnya tidak mengganggu. 
  • PRIBADI. Berilah waktu sekali-kali untuk hobi kita yang positip seperti musik, melukis, berkebun dll, karena sesungguhnya kita bukan robot.Hal hal privacy dan hoby yang dirawat akan membuat hidup kita bervariasi dan tidak kering serta tidak gampang frustasi. Menghormati/mengikuti hoby pasangan akan mengharmoniskan hubungan dalam keluarga.

CATATAN :

Pembagian waktunya sangat tergantung kepada sebagai apa profesi kita. Karir memang terbanyak menyita waktu kita dan yang membiayai serta membuat kualitas 5 kegiatan lainnya menjadi lebih baik, tapi aturlah irama & bagilah waktu kita secara adil dan proporsional.

Kisah Kiyai Kondang Aa Gym dalam kick Andi di Metro TV menyiratkan Aa Gym yang berkarir sebagai Pendakwah ( ibadah dan sosial didapatkannya sekaligus sambil berkarir) dan masih menyempatkan hoby bermotor besar,ternyata merasa kehilangan sesuatu karena habis waktunya untuk berdakwah sehingga tidak pernah merasakan nikmatnya bersama anak anaknya dan mengikuti perkembangan anak.

~ oleh iskandar mt pada Februari 27, 2008.

5 Tanggapan to “Keseimbangan Hidup”

  1. Keseimbangan hidup adalah saat dimana kita dapat menyeimbangkan hati pada dunia dan akhirat menjadi satu. Allah Swt telah memberi porsi dan keterkaitan pada setiap sesuatu, maka hendaknya kita menjalankan hidup dengan takaran masing-masing dan tetap mengatukan hidup kita dunia dan akhirat

    • Ambisi, mengejar dead line ataupun suatu target terkadang membuat kita tanpa sadar mengurangi beberapa porsi penting dalam hidup ini seperti ibadah, kesehatan dan keluarga..
      Begitu tertimpa musibah yang seharusnya disyukuri sebagai peringatan sayang dari Allah, baru kita kembali on track, tetapi ada orang yang menyalahkan dan buruk sangka kepada Allah.
      Naudzubillah min dzalika.

  2. terimakasih artikelnya berguna banget buat perbaikan diri jg..^^

  3. Trima kasih atas pencerahannya..

  4. 4 sehat 5 sempurna..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: