METODA SCHEDULE LINEAR ( LINE OF BALANCE )

Sekarang ini banyak sekali proyek besar seperti pembangunan apartemen/ rusun bertingkat, proyek jalan tol, proyek pipeline, proyek rumah masal seperti rumah untuk korban bencana Tsunami di Aceh yang kalau diteliti pelaksanaanya berupa pengulangan kerja (repetitive) sama seperti kegiatan perakitan pembuatan mobil.

Dalam membuat skedul untuk proyek yang mempunyai kegiatan dalam suatu urutan yang menerus dan berulang tersebut, selain memakai Gantt Chart, Metoda Schedule Linear (line of Balance) maka metode skedul yang paling tepat digunakan untuk pengendalian skedul proyek yang bersifat berulang ( Selinger 1980, Barrie 1984, Edmund 1986, Pilcher 1992, Callahan 1992 ).

Dengan Metoda Schedule Linear dapat dengan mudah diketahui kemajuan proyek tiap kegiatan pada setiap lokasi atau keseluruhan proyek pada waktu tertentu serta dapat memonitor kontinuitas kerja dari kelompok kelompok kerja tiap kegiatan.

Kemiringan dari garis alir setiap kegiatan menunjukkan tingkat produktivitas dari kegiatan itu yang dalam kondisi seimbang, semakin tegak garis alir kegiatan tersebut maka semakin tinggi tingkat produktivitasnya. Proses Learning Curve menjadi bagian yang harus diperhitungkan pada awal kegiatan proyek.

Berikut contoh Line of Balance Schedule ( Klik di sini )

 

Untuk menyusun urutan kegiatan suatu proyek, tentunya harus disusun dahulu work flow process yang apabila ada data tentang durasi yang terpakai untuk menyelesaikan satu squence kegiatan akan memudahkan kita untuk melakukan optimasi waktu agar didapat waktu yang paling efisien dalam pelaksanaan proyek tersebut.

 

About these ads

~ oleh iskandar mt pada Februari 28, 2008.

20 Tanggapan to “METODA SCHEDULE LINEAR ( LINE OF BALANCE )”

  1. saya butuh bahan / informasi yang lebih lengkaptentang Metoda Schedule Linear untuk skripsi (Tugas Akhir saya) apa bapak bisa membantu saya??? skripsi saya tentang penjadwalan proyek menggunakan metode schedule linear. trimakasi atas bantuannya… salam HUSNa

  2. saya butuh bahan / informasi yang lebih lengkaptentang Metoda Schedule Linear untuk skripsi (Tugas Akhir saya) apa bapak bisa membantu saya??? skripsi saya tentang penjadwalan proyek menggunakan metode schedule linear. trimakasi atas bantuannya… salam HUSNa. Saya sangat membutuhkan pertolongan dari bapak. saya tunggu informasinya yg lebih lanjut untuk saya

  3. Kalau yang dibutuhkan literatur, next ketika kembali ke home base akan saya info dik. Saat ini saya sedang di luarkota.
    Kalau skripsinya tentang membuat MSL, harus dibuat dulu flow proses setiap aktifitas dan dihitung durasi tahapan tiap satu aktifitas. kemiringan dari line menggambarkan produktifitas kegiatan tersebut. Tidak boleh ada garis yang saling tabrakan.
    Kalau adik fokus untuk optimasi waktu, maka diperlukan software operation research/linear programming untuk menjalankan model matematis yang dibuat ( biasanya untuk program tesis S2 ).

  4. Pak Iskndar saya kebetulan sedang menyusun skripsi tentang “analisa waktu pelaksanaan proyek dengan METODE LINE CHART STUDI KASUS PROYEK PERUMAHAN ”

    saya kekurangan referensi karena sebelumnya saya ingin memakai metode BAR CHART namun di suruh dosen saya untuk diganti metode LINE CHART .
    yang saya tanyakan
    1. samakah metode line o balance (L.O.B) DENGAN LINE -CHART ?
    2. untuk buku cetak/ ilmiah apa yg paling banyka jadi referensi untuk line chart ini ?
    3. dalam membuat grafiknya dengan bntuan EXCEL atau ada software lain , kemaren saya ketemu sofware SMART DRAW (apa bapak tahu cara apilkasinya?)
    4. dimana referensi sumber internet yg bisa yg download untuk teori LINE CHART?
    terima kasih sebelumnya Pak, jawabannya akan sangat membantu saya sekali

    evan

    unsri – palembang

  5. Pak kok pertanyaan saya belum di jawab,

  6. Line of balance = metoda Linear schedule , istilah line chart mungkin sama apabila dipakai untuk membangun rumah masal ( repetitive/berulang sama ).
    Saya menyusun skedulnya dengan excel
    Referensi buku saya kirim, next saya bantu priksa yang mana paling cocok buat adik.
    Saya pernah ke Banda Aceh pada waktu bencana Tsunami.
    Sebenarnya pola penanganan rumah massal yang perlu dibangun cepat seharusnya dengan sistim LOB, tapi ditangani seperti membangun rumah biasa, sehingga speed up produktivitas dengan rumah tipe modeling tidak terlaksana.
    Saya pernah melihat tipe rumah cepat Riswari di Palembang yang bisa dijadikan tipe model untuk itu.
    Sayangnya sewaktu saya jelaskan paper saya ke NGO, mereka belum mengenal konsep seperti pembuatan mobil/ sepeda motor/ robotic flow proses ini. Saya sangat sedih melihat BRR puntang panting menangani proyek tsunami yang merupakan makanan lezat buat Metooda Linear Schedule / Line of balance.
    Sekarang pemerintah mencanangkan di Jakarta dibangun seratus tower. Keahlian repetitive project ini sangat langka yang dapat adik pegang. Kuncinya adalah flow proses setiap aktivitas kerja dengan hitungan waktu realnya harus didapat dahulu untuk selanjutnya akan menentukan kemiringan slope. konsep CPM yang harus disusun ber ulang ulang akan menjadi sangat sederhana untuk repetitive project dengan LOB.
    Kalau adik memahami software QSB + Linear Programming akan membantu apabila project ingin dipercepat waktu dengan biaya yang termurah sedang untuk membuat garis schedulenya menggunakan grafik dari spreadsheet excel

  7. Telah saya kirim literatur dan satu contoh soal ke email adik husna dan evanrama. Maaf literaturnya terlalu banyak. Karna belum saya seleksi. Tapi yang terbaik adalah karangan dari Roy Pilcher yg berjudul ” Principles of Construction Management “. Dan “Management Techniques Applied To The Construction Industry “ oleh R.Oxley dan J.Poskitt. silakan searching di Google atau perpustakaan, moga ktemu.
    Selamat Berjuang !

  8. Terima kasih banyak Pak Iskandar, atas kiriman referensinya serta penjelasannya yang sangat membantu.
    untuk sementara ini saya memakai referensi dari skripsi sebelum-sbelumnya tapi saya melihat bahasannya kurang komprehensif, sehingga saya masih berharap bantuan dari bapak di lain waktu.
    semoga ilmu yg bermanfaat menjadi ladang amal nuat kita
    amien..

  9. saya lg cari judul ta

  10. Kepada dik Bahar,
    Klo adik ingin ambil judul utk ta-nya ttg METODA SCHEDULE LINEAR ( LINE OF BALANCE ), sebaiknya adik melakukan perbandingan terlebih dahulu.
    Telah saya kirim satu contoh soal LINE OF BALANCE ke email adik.
    Smoga bemanfaat dan dpt membantu melancarkan ta-nya.
    Slamat b’juang & smoga sukses!!!….

  11. Pak Iskandar saya butuh sekali bantuan bapak, Sabtu ( 12 Juli 2008) saya baru saja seminar judul TA namun ditolak oleh penguji dan diberi waktu sampai tanggal 25 Juli Untuk perbaikannya .
    kesalahan fatal karena saya belum terlalu paham apa itu metode line chart /line skedul/line of balance.
    saya saya mengharapkan bantuannya karena ini adalah tahun terakhir saya di kampus.
    kalau boleh saya bertanya sedetilnya :

    1. Tujuan Metode Line chart ini apa?
    2. Langkah kerjanya bagaimana ?
    3. data-data apa saja yang dibutuhkan untuk mengolah LIne chart ini

    dari yang saya buat sebelumnya : saya menampilkan data-data kemajuan proyek per minggu lalu saya tampilkan dalam grafik eksel ( itu saja)
    HARUSNYA bagaimana Pak?

    NB:
    1. Dosen Pembimbing saya tidak paham metode ini ( saya disuruh mandiri)
    2. Buku referensi yang bapak kasih belum saya temukan ( saya hanya mengandalkan skripsi yg judulnya mirip eh ternyata skripsinya itu banyak perbaikan)

    Saya saya berterima kasih jika bapak memberi jawabannya

    Evan

    0815 3287 1323

  12. Kepada Evanrama,
    Maaf, bapak selama ini berada di pedalaman Sulawesi untuk mengurus manajemen proyek di sana. Saat ini baru kembali ke Jakarta & lagi meneliti konsep scheduling proyek Rusunami (apertemen bersubsidi pemerintah). Rencananya bapak akan buat dalam bentuk LOB schedule (tentunya bila bapak berhasil ikut terlibat dlm pengelolaan manajemen proyek ini).

  13. Assalamualaikum,,
    pertama-tama perkenalakan saya Hendy, mahasiswa semester 9 teknik sipil undip.
    begini Pak, sehubungan dengan tugas akhir yang sedang saya kerjakan mengenai komparasi antara critical path method dan line of balance dalam penjadwalan proyek maka, saya mohon bantuannya apakah bapak mempunyai rujukan referensi mengenai metode line of balance.
    Saya harapkan sekali bantuan Bapak.
    Terima kasih.
    Wasallammualaikum.

  14. pak nama saya dery akmal..saya butuh literatur mengenai project scheduling dg metode line of balance,.klo boleh tau dimana saya bisa mendapatkan literaturnya,.mohon diberikan info,.terima kasih

  15. assalamualaikum pak iskandar,. perkenalkan pak nama saya budi mahasiswa TS UNILA. Mungkin tanggapan Saya tidak jauh berbeda dengan teman2 lainnya. Sehubungan dengan TA saya mengenai penjadwalan proyek pada jalan raya dengan metode linear schedule. Saya sangat membutuhkan refrensi metode tersebut. Pak iskandar, saya sangat berterima kasih sekali bila bapak mau membimbing saya melalui email saya budiwijayanto85@gmail.com, karena terus terang pak saya masih blank dengan metode tersebut. dan jika bapak bersedia mengirimkan refrensi mengenai metode tersebut, saya akan lebih berterima kasih lagi. Terima kasih.
    Wassalamualaikum.

  16. Assalamualaikum pak,
    Saya ingin mempelajari line of balance ini, tolong dunk kirimin ke email saya contoh-contoh implementasi dari metode ini. Karena saya sangat tertarik sekali dengan metode line of balance.
    Thanks

  17. Kepada seluruh pembaca Line Of Balance,
    Ini adalah referensi buku mengenai Line Of Balance.
    Jika Anda membutuhkannya, silahkan copy saja file ini.
    Trima ksh.

    BUKU REFERENSI TENTANG LINE OF BALANCE
    Chris Hendrickson, and Tung Au, Project Management for Construction ( New Jersey: Prentice Hall, 1989 ).
    Clarkson H.Oglesby, Henry W. Parker and Gregory A Howell, Productivity Improvement in Construction ( New York: McGraw-Hill, Inc, 1989 ).
    Danniel W.Halpin PhD, and Leland S.Riggs PhD, Planning and Analysis of Construction Operations ( New York: Van Nostrand Reinhold, 1988 ).
    David Arditi, and M.Zeki Albulak, Line of Balance Scheduling in Pavement Construction ( Journal of Const. Eng and Mgmt, ASCE, 112 ( 3 ), 1986, 411-424 ).
    David I. Cleland, and William R. King, Project Management Handbook ( New York: Van Nostrand Reinhold, 1988 ).
    Deborah. J. Fisher, and James T.O’ Connor, Constructibility for Piping Automation: Field Operations ( Journal of Const. Eng and Mgmt, ASCE, 117 ( 3 ), 1991, 468-485 ).
    Dennis Lock, Manajemen Proyek, diterjemahkan oleh E. Jasjfi ( Jakarta: Penerbit Erlangga 1987 ).
    Donald S. Barrie, and Boyd C. Paulson, Jr, Manjemen Konstruksi Profesional, diterjemahkan oleh Sudinarto ( Jakarta: Penerbit Erlangga 1993 ).
    Edmund N. Chrzanowski Jr, and David W. Johnston, Aplication of Linear Scheduling ( Journal of Const. Eng and Mgmt, ASCE, 112 ( 4 ), 1986, 476-491 ).
    Forest D. Clark, and A.B Lorenzoni, Applied Cost Engineering ( New York: Marcel Dekker, Inc, 1985 ).
    F.J. Drewin, Construction Productivity ( New York: Lisevie, 1987 ).
    Imam Soeharto, Manajemen Proyek Industri ( Jakarta: Penerbit Erlangga, 1990 ).
    International Labour Organization, Improving Site Productivity in The Construction Industry, compiled by: Alan Heap ( Geneva: ILO Publications, 1987 ).
    Yih-Long Chang, and Robert Sullivan, Quantitative System for Bussines QSB ( New Jersey: Prentice-Hall, 1986 ).
    Michael T.Callahan, Daniel G. Quackenbush, and James E. Rowings, Construction Project Scheduling ( New York: McGraw-Hill, 1992 ).
    M. Muslich, Metode Kualitatif ( Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI,1993 ).
    Pangestu Subagyo, Marwan Asri, T. Hani Handoko, Dasar-Dasar Operation Research ( Yogyakarta: BPFE, 1993 ).
    Rehab M.Reda, Repetitive Project Modeling ( Journal of Const. Eng and Mgmt, ASCE, 116 ( 2 ), 1990, 316-330 ).
    Richard H. Clough, and Glenn A. Sears. Construction Project Management, Third Edition ( New York: John Wiley & Sons, Inc, 1991 ).
    Roy Pilcher, Principles of Construction Management, Third Edition ( London: McGraw-hill Book Company, 1992 ).
    R. Oxley, and Poskitt, Management Techniques Applied to The Construction Industry London: BSP Professional Book, 1992 ).
    Shlomo Salinger, Construction Planning for Linear Projects ( Journal of Const. Devision, ASCE, 106 ( 2 ), 1980, 195-205 ).
    Zohair M. Al Sarraj, Formal Development of Line of Balancing Technique ( Journal of Const. Eng and Mgmt, ASCE, 116 ( 4 ), 1990, 689-704 ).

  18. Pak saya David dari Surabaya saya lg nyusun tesis mengenai LOB(line of balance) dan saya lg perlu program jadi seperti excel atau microsoft project untuk metode Line of Balance ini apakah Bapak tahu program jadi ini karena saya perlu untuk pembahasan masalahnya hitungannya dan gambar grafiknya mohon bantuannya

  19. Pak Iskandar, saya Ferry mahasiswa Unpar, Bandung. Saat ini saya sedang mencari judul untuk skripsi saya. Saya tertarik dengan metoda ini dan sudah membaca beberapa buku yang bapak referensikan mengenai metoda ini, namun saya sendiri masih belum terlalu mengerti. Bisakah bapak memberi saya sedikit pencerahan seperti data-data apa saja yang harus saya kumpulkan untuk menggunakan metoda ini?? dan juga jika ada saya ingin melihat contoh soal dari penggunaan metoda ini. Mohon bantuannya pak. Terima Kasih

  20. ada yang punya ta tentang line off balance tidak kirim dong ke satriajv@yahoo.com saya lagi tugas akhir tapi tidak punya contoh untuk proyek jalan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: